Percepat Realisasi Pembangunan Bandara Pj Bupati Kolut Bertemu Menteri Perhubungan

Jakarta, BuletinNews.com – Dalam rangka percepatan realisasi pembangunan bandara, Pj Bupati Kolut  Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, Bersama Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sulawesi Tenggara, Anton Timbang, bertemu Menteri Perhubungan, Dr. Ir. Budi Karya Sumadi, di Budi Candra Kediaman Mentri, Senin (1/4/2024).

Pertemuan tersebut membahas langkah-langkah percepatan dalam merealisasikan pembangunan Bandara Kolaka Utara, yang dianggap penting sebagai sarana penunjang investasi di Bumi Patowanua.

Pj Bupati Kolut, Dr. Sukanto Toding yang di dampingi Sekretaris Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kolaka Utara, Muh. Fadli. ST, MT, menyampaikan presentasi mengenai pembangunan lokasi bandara kepada Menteri Perhubungan.

”Kami presentasi di hadapan pak Menteri terkait apa yang sudah di bangun di rintis dalam pembangunan lokasi bandara tersebut,” tuturnya.

Menurutnya, pentingnya pembangunan bandara dikarenakan merupakan sebagai sarana untuk mendukung investasi di Kolaka Utara. Oleh karena itu, pihaknya mengambil langkah-langkah percepatan untuk mewujudkan pembangunan Bandara Kolaka Utara yang sebelumnya terhenti.

Sementara itu, Menteri Perhubungan, Dr. Budi Karya Sumadi, menanggapi dengan positif akan pentingnya pembangunan bandara di Kolaka Utara, Karena sebagai salah satu daerah di Bumi Anoa yang masuk kawasan Project Strategis Nasional (PSN), sehingga Bandara sangat dibutuhkan.

“Bandara merupakan infrastruktur vital yang akan mendukung pertumbuhan ekonomi dan investasi di Kolaka Utara,” kata Dr. Budi Karya Sumadi.

Ia juga menyatakan komitmennya untuk meluncurkan dana awal 2024 dan diupayakan akan ada pekerjaan pendahuluan dan dikerjakan secara multi years serta membuka pola pendanaan partisipasi swasta melalui Public Private Partnership (PPP).

Disisi lain, Anton Timbang Ketua Kadin Sultra, mengekspresikan optimisme terhadap prospek pembangunan bandara.

“Saya yakin bahwa realisasi pembangunan bandara akan mempercepat laju investasi di Kolaka Utara. Dukungan dari sektor swasta sangat penting untuk mempercepat pendanaan dan merealisasikan pembangunan bandara sesuai dengan kebutuhan investasi di daerah ini,” terangnya.

Pertemuan tersebut juga menyoroti kesungguhan Pemerintah Daerah Kolaka Utara dan masyarakat setempat dalam mewujudkan pembangunan bandara.

“Pak Menteri Perhubungan menangkap kesungguhan tersebut dengan baik dan menyatakan optimis terhadap  percepatan pembangunan bandara Kolaka Utara,” ujar Penjabat Bupati Kolaka Utara.

Pertemuan ini menjadi awal dalam upaya percepatan pembangunan Bandara Kolaka Utara.

“Kami berharap bahwa dengan dukungan semua pihak, pembangunan bandara dapat segera terealisasi dan memberikan manfaat besar bagi Kolaka Utara dan wilayah sekitarnya,” tutup Dr. Sukanto Toding.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *