Pj Wali Kota Kendari Menghadiri Rakernas Apeksi di Balikpapan

Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) XVII di Gedung Balikpapan Sport

Balikpapan, BuletinNews.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari menghadiri Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) XVII di Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC). Acara ini dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada hari, Selasa (4/6/2024).

Pembukaan Rakernas Apeksi XVII ditandai dengan pemukulan lesung oleh Presiden Jokowi, yang didampingi oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Ketua Dewan Pengurus Apeksi Eri Cahyadi.

Acara yang dihadiri oleh para Wali Kota dari seluruh Indonesia ini mengusung tema ‘Kota Sejahtera, Indonesia Maju’.

Dihadapan Wali Kota se Indonesia Presiden Jokowi menginginkan semua kota di Indonesia nyaman dihuni sebab sekitar 70 persen pada tahun 2024 penduduk Indonesia diperkirakan akan tinggal di perkotaan.

Beban kota akan semakin berat, dan setiap pemerintah kota harus memiliki perencanaan detail yang memastikan kota-kota nyaman dan layak huni.

“Kita tidak ingin itu terjadi di Indonesia. Kita ingin semua kota di Indonesia nyaman dihuni, livable, loveable, atau orang senang berkunjung dan kembali ke kota itu. Bahkan orang yang ada di kota, memberikan pelayanan publik yang baik dan mencintai kotanya,” kata Jokowi.

Selain kota yang nyaman dihuni, Presiden Jokowi juga menyarankan agar setiap kota mempersiapkan rencana transportasi umum dan massal untuk mengatasi masalah kemacetan di banyak kota di Indonesia.

Presiden Jokowi mengingatkan agar dilakukan perencanaan transportasi umum dan massal sejak sekarang, dikhawatirkan dalam 10 hingga 30 tahun ke depan semua kota di Indonesia akan menghadapi kemacetan.

“Karena itu, sekali lagi rencana tata kota, transportasi massal dan umum harus dipersiapkan. Apabila kita terus memikirkan MRT (Mass Rapid Transit), itu biayanya mahal,” jelas Jokowi.

Sementara itu Pj.Wali Kota Kendari Muhammad Yusup mengatakan apa yang di rencanakan dan dilaksanakan Pemerintah Kota dibawah kepemimpinannya sudah sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang mengharapkan para Wali kota se-Indonesia menciptakan Kota yang Nyaman dan layak huni.

Seperti tadi yang disampaikan bapak presiden untuk menjadikan Kota-kota di Indonesia menjadi indah, tertata, sehingga layak dihuni, itulah yang sekarang pemerintah Kota Kendari sedang lakukan, menata kota menjadi lebih baik, sehingga menjadikan masyarakat Kota Kendari menjadi nyaman dalam beraktifitas, sehingga kita semua bisa bahagia” Ungkap Pj. Wali Kota Kendari.

Dalam Rakernas Apeksi 2024 ini, hadir mendampingi Pj Wali Kota Kendari, Sekda Kota Kendari dan Kepala Bappeda Kota Kendari.

Tinggalkan Balasan