Peringati Hari Air Dunia, Pemkab Pacitan Gelar Baksos

Pacitan, BuletinNews.com – Peringatan Hari Air Dunia ke-31 tahun 2023 di Kabupaten Pacitan diperingati dengan menggelar bakti sosial. Kegiatan berlangsung di Desa Sambong, Kecamatan Pacitan dengan membagikan paket sembako kepada 60 warga Dusun Weru dan Dusun Sawahan. Tidak hanya itu, warga juga mendapatkan bibit pohon produktif untuk ditanam di lahan pekarangan dan hutan

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji (Mas Aji) yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, pemilihan Dusun Weru, Desa Sambong karena daerah tersebut terhitung masih berada di wilayah Pacitan kota namun masuk dalam zona rawan air bersih, terutama Dusun Sawahan dan Weru. Melalui kegiatan ini Mas Aji ingin memberikan perhatian lebih kepada masyarakat setempat untuk mendapatkan akses air bersih. Salah satunya, dengan menjaga hutan tetap lestari agar mampu menyimpan air.

“Desa Sambong ini secara jarak tidak terlalu jauh dari pusat kota, hanya saja karena secara kontur tanah cukup terjal sehingga susah mendapatkan air bersih,” ungkap Mas Aji, Sabtu (25/03/2023).

Tak kurang dari 250 bibit tanaman dibagikan kepada masyarakat meliputi beragam jenis tanaman produktif serta bibit tanaman kayu penyimpan air seperti pohon trembesi.

“Harapan kita kedepan dengan penanaman pohon ini anak cucu kita akan mewarisi kelestarian sumber air, lingkungan kita akan terjaga dengan baik,” imbuh Suparlan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pacitan.

Dalam rangka peringatan Hari Air Dunia ke 31 kali ini juga diserahkan pemenang lomba Video Competition bertema air dan lingkungan. Tampil sebagai juara kategori kreatif adalah Galih Setyaji, juara kategori inspiratif Andi Dwi Darmawan dan juara kategori edukatif diraih Juri. Sedangkan untuk juara favorit diberikan kepada Rafiq, Fighan, Iqbal, Intan, Reva, dan MM Production.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *