BLKK Kolaka Lakukan Pelatihan Operator Alat Berat

Kolaka, BuletinNews.com – Peratama kalinya, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan dan Keterampilan Kerja (BLKK) Kabupaten Kolaka, melaksanakan pelatihan operator alat berat (Ekskavator) yang digelar sejak 18 September hingga 18 Oktober 2023.

“Ini pertama kalinya kami mengadakan jenis pelatihan operator alat berat, kami juga telah memiliki instruktur alat berat. Sementara itu peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 32 orang yang dibagi dalam dua kelompok,” kata Ketua BLKK Kolaka I Nyoman Warta, ST., MT. 

Menurutnya, dengan melihat potensi yang ada di kabupaten kolaka, banyaknya perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja untuk operator alat berat, sehingga ia berinisiatif membuka pelatihan alat berat. 

Ia menjelaskan, meski hal tersebut tidak mudah, namun dengan tekat dan usaha maksimal serta dukungan dari berbagai pihak, pelatihan operator alat berat bisa terlaksana. 

“Untuk membuka jenis pelatian ini, yang pertama dibutuhkan instruktur, simulator dan alat berat jenis ekskavator. Kami baru ada instruktur dan simulator, namun untuk alat beratnya kami belum punya, kebetulan ada salah satu perusahaan di kolaka yang meminjamkan alat beratnya, sehingga pelatihan ini dapat berjalan sesuai rencana,” tuturnya.

Untuk saat ini, kata I Nyoman, pelatihan operator alat berat sangat diminati, terbukti pendaftaran yang masuk mencapai 600 orang. Olehnya itu kami akan rencanakan kedepannya untuk terus dapat membuka pelatihan ini. 

Pelatihan alat berat ini menekankan pada pemeriksaan pengoperasian peralatan. Ada juga materi teoritis dan observasi instrumental. Informasi wajib tentang pemeliharaan, keselamatan kerja, laporan kerja dan pelatihan simulasi akan diberikan kepada peserta.

“Untuk itu, saya berharap setelah mengikuti pelatihan operator alat berat khususnya excavator dan loader ini, mereka dapat direkrut oleh perusahaan untuk mengisi formasi kebutuhan operator alat berat dan tidak perlu lagi kiranya mendatangkan operator dari luar daerah,” harapnya.

Selain pelatihan alat berat, untuk Saat ini BLKK Kolaka sudah memiliki beberapa jurusan pelatihan yakni Jurusan Tehnik Otomotif (mekanik Junior sepeda motor, mekanik junior kendaraan ringan), Tehnil Las (Las SMAW 3G, Las Pabrikasi) , Teknologi Informasi (Basic Office, Desain Grafis), Bangunan (Gambar Bangunan, Cabinet Making), Pertanian / Processing (Pembuatan Roti, Pertanian Hidroponik), Tehnil Manufaktur (manufaktur/ mesin Bubut) , Garmen Apparel (menjahit pakaian dasar) , tahnik Listrik (instalasi Penerangan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *