Gubernur Jatim Tarawih di Masjid Bersejarah Kabupaten Madiun

Madiun, BuletinNews.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, mengunjungi masjid bersejarah di Kabupaten Madiun untuk menjalankan shalat tarawih, Selasa (28/3/2023) malam. “Alhamdulillah safari Ramadan malam ke-7 kami bersama Bupati dan Wakil Bupati Madiun shalat tarawih bersama masyarakat di Masjid Sewulan yang didirikan Raden Mas Bagus Harun atau Kiai Ageng Basyariyah, pada tahun 1740 M/1160 H,” tulis Khofifah dalam unggahan Instagram-nya, Rabu (29/3/2023).

Khofifah juga menceritakan sejarah Masjid Sewulan yang penuh pesan islami dengan arsitektur klasik khas tanah Jawa. Masjid Sewulan dibangun oleh Kiai Ageng Basyariyah di atas tanah hadiah dari Keraton Kartasura karena jasanya yang besar bagi Keraton Kartasura. “Pembangunan masjid dikerjakan langsung oleh Kiai Ageng Basyariyah dan dibantu menantu beliau, (Raden Mas Kiai Muhammad Santri /Temenggung Alap-Alap Kuncen, Caruban, Madiun). Arsitektur bangunan masjid ini kental dengan arsitektur Jawa, mirip dengan Masjid Tegalsari Ponorogo, peninggalan sang guru,” cerita Khofifah.

Kiai Ageng Basyariyah menetap di Sewulan hingga akhir hayatnya. Makamnya terletak di komplek Makam Sewulan, sebelah barat Masjid Agung Sewulan. Salah satu diantara keturunan Kiai Ageng Basyariyah adalah Nyai Hj. Nafiqah, istri dari Hadratussyekh KH. Hasyim Asy’ari, Pendiri Jam’iyyah Nahdlatul Ulama kakek KH. AbdurrHman Wahid Presiden RI ke – empat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *