Siswa MAN 3 Karawang Gelar Praktik Tekanan Osmosis

Karawang, BuletinNews.com – Aktifitas pembelajaran tidaklah harus selalu monoton. Banyak ide dan kreatifitas yang dapat dilakukan untuk menciptakan suasana pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Apalagi pelajaran yang pemahaman konsepnya sulit dipahami siswa, seperti mata pelajaran kimia.

Tekanan osmosis merupakan materi pelajaran kimia yang diberikan pada kelas XII tingkat SMA/MA di semester ganjil. Materi ini perlu penyajian yang menarik dan mudah dipahami para siswa.

Pada MAN 3 Karawang penanaman konsep peristiwa osmosis yang diberikan pada siswa siswi kelas XII IPA adalah dengan pendekatan praktik. Praktikum yang dilakukan dengan menggunakan bahan- bahan yang mudah didapat seperti wortel dan kentang.

Kegiatan praktikum yang dilaksanakan pada Hari Kamis, (31/8/2023) menjadi pembelajaran yang menarik bagi siswa kelas XII IPA MAN 3 Karawang. Para siswa dengan antusias dan serius mengikuti kegiatan praktikum yang difasiltasi oleh guru kimia.

“Kami lebih cepat paham arti tekanan osmosis yang teorinya sudah kami baca di buku pelajaran. Ternyata banyak sekali bahan-bahan disekitar yang dapat dijadikan media belajar Kimia. Kami senang sekali belajar kimia dengan cara begini dan Reni sering mengajar kimia di kelas kami dengan cara seperti itu,” demikian ungkapan salah satu siswi kelas XII IPA 1.

Reni Wedyaningsih, selaku guru kimia berharap agar dengan kegiatan praktikum para siswa dapat lebih tertarik dalam belajar kimia. Ia juga berharap materi yang diberikan lebih mudah dipahami para siswa.

Tinggalkan Balasan