Pj Wali Kota Baubau Lantik Dua Pejabat Tinggi Pratama

Pelantikan Eko Prasetya, ST, MM sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) dan Fanti Frida Yanti, SS, MA sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB)

Baubau, BuletinNews.com – Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafı, SP, M.Si akhirnya secara resmi melantik Eko Prasetya, ST, MM sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) dan Fanti Frida Yanti, SS, MA sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) dalam acara pengambilan sumpah dan pelantikan pejabat tinggi pratama lingkup Pemerintah Daerah Kota Baubau di aula Palagimata Rabu (8/5/2024).

Menurut Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si, pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama merupakan rangkaian kegiatan seleksi terbuka yang telah dilakukan beberapa waktu lalu. setelah melewati berbagai tahapan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, panitia seleksi telah menetapkan calon pejabat tinggi pratama, berdasarkan berbagai kriteria penilaian yang terukur. proses dan hasil tersebut, juga telah dievaluasi dan mendapatkan rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Selain itu, juga telah memperoleh pertimbangan teknis dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan mendapatkan persetujuan tertulis dari Kementerian Dalam Nageri (Kemendagri. Karenanya, momen pelantikan saat ini bernilai strategis, yang harus dimaknai dari sudut kepentingan organisasi untuk menjaga kesinambungan tugas pemerintahan, pelayanan masyarakat dan pembangunan, sekaligus sebagai media kaderisasi dan regenerasi estafet kepemimpinan berdasarkan sistem merit. 

“Saya mengucapkan selamat kepada pejabat yang dilantik hari ini, saudara-saudara merupakan hasil dari serangkaian tahapan seleksi secara terbuka. sehingga, anda sekalian adalah yang terbaik dari pilihan-pilihan terbaik,” ujarnya.

Ditambahkan, promosi, rotasi dan mutasi merupakan sesuatu yang sangat natural dalam organisasi, terlebih lagi dalam organisasi pemerintahan. Dan banyak hal yang melatarbelakanginya, seperti pengisian kekosongan jabatan, dalam rangka penyegaran, kaderisasi, dan regenerasi organisasi, serta menyeimbangkan kekuatan Sumber Daya Manusia pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk, sebagai strategi dalam mengakselerasi kinerja OPD dalam mencapai target skala prioritas.

Orang nomor satu di Kota Baubau ini mengingatkan kepada seluruh pemangku jabatan agar memahami tugas dan fungsi jabatan, serta memahami hak dan kewajiban dalam berorganisasi di pemerintahan daerah. Serta hadirkan zona kompetitif yang sehat dan positif, serta kolaborasi yang harmonis,

sehingga mampu men-trigger kinerja organisasi untuk terus meningkat dan mampu merepresentasikan pelayanan maksimal dalam wilayah bidang tugasnya.

Tinggalkan Balasan