Pj Bupati Kolaka Mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi Bersama Kemendagri Secara Daring

Kolaka, BuletinNews.com – Pj. Bupati Kolaka DR. H. Andi Makkawaru, S. T., M.Si mengikuti Rakor inflasi yang dilaksanakan secara daring, di ruang Sekda Kolaka, Senin, (19/02/2023).

Rakor dengan agenda pembahasan perdagangan terhadap pasokan pangan yang diikuti oleh Kepala Daerah se-Indonesia ini diawali dengan penyampaian dari Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Tomsi Tohir Balaw.

Memasuki minggu ketiga Februari 2024, Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tomsi Tohir menyoroti kenaikan harga sejumlah komoditas pangan. la pun menekankan agar persoalan ini menjadi perhatian seluruh pemerintah daerah (Pemda).

la meminta Pemda dan stakeholder terkait untuk melakukan penanganan secara serius, agar daya beli masyarakat tidak tergerus. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) secara umum komoditas yang sering menjadi penyumbang inflasi sepanjang Februari 2018-2023 adalah beras, bawang putih, cabai merah, bawang merah, cabai rawit, ikan segar, dan daging ayam ras.

“Kepada semua pihak untuk dapat membantu pemerintah pusat melakukan monitor setiap minggu, dan jika perlu setiap hari. Agar, angka inflasi di Indonesia tidak naik secara drastis dan berdampak pada melambungnya harga yang menyebabkan efek domino ke masyarakat,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan