KPU Kolaka Utara Gelar Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2024

Kolut, BuletinNews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Utara mengadakan simulasi pemungutan suara  yang melibatkan lebih dari 100 peserta. Simulasi tersebut dimulai dengan upacara penyumpahan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan diakhiri dengan proses rekapitulasi perhitungan suara.

Nurgalia, Ketua KPU Kolaka Utara, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan dan menguji tahapan pemungutan serta penghitungan suara dalam Pemilu 2024. “Simulasi ini dilakukan secara ‘real’ agar nantinya dapat menjadi panduan bagi KPPS, PPS, dan PPK serta sebagai uji coba kesiapan mereka,” jelasnya.

Lanjut Nurgalia menekankan, bahwa simulasi ini juga bertujuan sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat serta penyelenggara Pemilu di tingkat Desa dan Kecamatan. Hal ini diharapkan dapat menjadi pedoman tentang pemungutan dan penghitungan suara sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU).

“Metode pemilu tahun 2019 menggunakan Sistem Informasi Perhitungan Suara (Situng), sedangkan sekarang menggunakan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang langsung melibatkan KPPS dan Kecamatan serta memberikan informasi secara langsung ke KPU RI. Ini menjadikan proses lebih akura,” tuturnya.

Simulasi ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Penjabat Bupati Kolaka Utara yang diwakili oleh Asisten I Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Utara, Ir. Muklis Bachtiar, Kabag Ops Polres Kolaka Utara, AKP Muhammad Saleh, S.M, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Buhari, Mirnawati Komisioner Bawaslu Kolaka Utara, dan Andi Selle, Camat Lasusua.

Tinggalkan Balasan