oleh

Secara Swadaya Warga BTN Bukit Balandete Sukses Bangun Jalan Sepanjang 85 Meter

Kolaka, BuletinNews.com – Peran penting sebuah Jalan lingkungan merupakan kebutuhan utama dalam menunjang kelancaran arus transportasi bagi warga di Lorong Tiga Perumahan BTN Bukit Balandete, Kecamatan Kolaka, Kabupaten Kolaka.

Bagaimana tidak, jalan lingkungan yang merupakan jalur penting ke sejumlah perumahan milik warga tersebut kondisinya telah rusak parah karena merupakan jalan perkerasan dengan material tanah pasir batu. hal tersebut seakan menjadi pemicu banyaknya kecelakaan bagi pengendara apalagi saat kondisi jalan tengah rusak parah.

Berkat persatuan dan komitmen yang tinggi dari warga, Wal hasil, jalan rabat beton dengan volume 75x7x0,25 meter berhasil dibangun dengan anggaran berkisar 30 juta rupiah yang berasal dari swadaya masyarakat di tempat tersebut. Bahkan bukan hanya itu, jalan Padat Karya yang dibangun oleh PNPM pada tahun 2016 lalu juga direnovasi karena telah dalam kondisi rusak.

K. Suarjana, warga perumahan BTN Bukit Balandete mengatakan bahwa ide pembangunan dan renovasi jalan lingkungan yang dibangun itu berasal dari warga di tempat tersebut. “Karena kondisi jalannya sangat parah dan sering memakan korban jatuh maka warga bersatu untuk membangunnya dengan anggaran patungan yang berasal dari warga di perumahan ini.

Nilai sumbangannya pun disepakati minimal 100 ribu rupiah perbulan per KK. Dan setelah berjalan 3 bulan, akhirnya jalan sepanjang berkisar 85 meter dan lebar 7 meter ini berhasil selesai dikerjakan dengan bergotong royong. Bahkan bukan hanya itu, jalan PNPM yang bersebelahan dengan jalan yang dibangun tersebut juga direnovasi sepanjang 30 meter karena telah rusak berlubang,” terang warga lingkungan IV Kelurahan Balandete Kecamatan Kolaka ini.

Kini kondisi jalan lingkungan di Lorong Tiga Perumahan BTN Bukit Balandete boleh disebut layak 100 persen. Warga pun semakin antusias, peduli dalam memelihara jalan lingkungannya agar tidak terjadi kerusakan seperti sediakala.

Reporter : Andi Hendra

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed