Ratusan Rumah Warga di Pemalang Terdampak Banjir

Pemalang, BuletinNews.com – Banjir yang terjadi di Desa Tasikrejo, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah menyebabkan 319 rumah terdampak setelah sebelumnya desa tersebut diguyur hujan dengan itensitas tinggi pada Ahad (6/2/22).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang melaporkan, terdapat 504 KK terdampak dari banjir dengan ketinggian muka air 10 – 15 sentimeter tersebut. Selain itu banjir juga mengakibatkan beberapa infrastruktur tergenang, seperti 4 unit fasilitas pendidikan, 50 hektar tambak, 5 hektar kebun melati, 155 hektar sawah. sebagaimana dikutip dari laman resmi BNPB.

Untuk mempercepat penanganan darurat, tim gabungan yang terdiri dari BPBD, TNI/Polri dan perangkat desa langsung melakukan evakuasi dengan perahu karet dan kaji cepat, serta pengamanan di sekitar lokasi terdampak.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Kabupaten Pemalang akan mengalami hujan ringan hingga sedang pada Senin (7/2/22) hingga Rabu (9/2/22). Sementara itu untuk wilayah Jawa Tengah lainnya berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat, agar mempersiapkan diri dengan meningkatkan kesiapsiagaan meghadapi banjir mengingat musim hujan diperkirakan masih berlangsung pada Februari ini, antara lain dengan memahami rute evakuasi dan daerah yang lebih aman dari banjir.

Red/Andi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *