oleh

Puskesmas Kolakaasi Gelar Vaksinasi Covid-19 di Kelurahan Sakuli

Kolaka, BuletinNews.com – Puskesmas Kolakaasi menggelar Vaksinasi Covid-19 tahap I dan II yang di pusatkan di Kelurahan Sakuli, Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka, Kamis (9/9/2021).

Vaksinasi Covid-19 tersebut dilaksanakan di pelataran kantor kelurahan setempat dan di ikuti sebanyak 132 orang. Para warga sangat antusias untuk mengikuti vaksinasi covid-19 hingga rela antri sejak pagi.

Pelaksanaan vaksinasi vovid-19 tersebut di pimpin oleh dr.Nur Ichfa Utami dan dr.Nurfadilla Supriono yang didampingi beberapa tenaga medis lainnya. Serta diawasi langsung oleh Camat Latambaga Moch.Aldi Liambo, Lurah Sakuli Ariyanto Madia, S.Sos, Babinsa Serda Ifal Halilintar FZ dan Bhabinkamtibmas Aipda B.Suardin, S.H.

Sebelum dilakukan Vaksinasi, tim puskesmas kolakaasi melakukan pengambilan data, pemeriksaan tensi dan suhu tubuh.

Lurah Sakuli, Arianto mengucapkan, bahwa ada 151 orang yang melakukan pendaftaran namun yang boleh menerima vaksin hanya sebanyak 132 orang, diantaranya 106 orang untuk tahap I dan 26 orang untuk tahap ll serta ada 19 orang yang tertunda menerima suntikan vaksinasi.

“19 orang yang tertunda vaksinasi dikarenakan mereka memiliki riwayat hipertensi (tekanan darah tinggi), hal tersebut diketahui setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim medis, dan disarankan untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut di puskesmas kolakaasi,” ucapnya.

Sementara itu dr.Nur Ichfa Utami menjelaskan Tahapan pertama, orang yang akan disuntik vaksin harus lolos verifikasi pendaftaran melalui aplikasi ‘Peduli Lindungi’. Kemudian penerima vaksin akan diperiksa secara detail termasuk ada tidaknya penyakit penyerta (comorbid).

“Tim medis memberikan pertanyaan sebanyak 16 item termasuk ada tidaknya penyakit bawaan. Jika ada satu saja item yang tidak sesuai syarat, maka dia tidak boleh menerima vaksin,” jelasnya.

Jika lolos, maka tahapan berikutnya adalah pemberian vaksin corona. Usai disuntik, penerima vaksin akan menjalani masa observasi selama 30 menit ditempat yang telah disiapkan untuk melihat gejala klinis yang muncul setelah pemberian vaksin.

“Selama masa observasi ini, akan dipantau gejala klinis yang muncul pasca pemberian vaksin. Jika timbul efek samping dari vaksin berupa gejala klinis akan dilakukan Penanganan medis lebih lanjut,” tutupnya.

Setelah mengikuti vaksinasi covid-19 para warga mendapatkan paket bingkisan dari PT Wings.

Red/Andi

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed