oleh

PT Antam dan Lembaga Petani Kolaka Gagas Budidaya Kopi dan Kakao di Kebun Edukasi

Kolaka, BuletinNews.com – PT Aneka Tambang TBK Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sultra kembali luncurkan program unggulan dengan menggagas kebun edukasi kopi dan kakao di Desa Sopura, Kecamatan Pomala, Kabupaten Kolaka.

Antam bekerja sama dengan Lembaga Peduli Tani (Petani) mulai melakukan penanamn perdana sebanyak 800 bibit Kopi dan 1200 bibit Kakao di lahan seluas 2 Ha yang telah difasilitasi oleh pemerintah Desa Sopura.

CSR, HC and Finance PT ANTAM Tbk UBPN Sultra, Dito Yulianto mengucapkan apreseasi kepada pemerintah Desa Sopura yang telah mendukung dan memberikan fasilitasi sebagian lahan untuk dijadikan kebun edukasi.

Ia menjelaskan program kebun edukasi kebun kopi dan kakao digagas atas dasar peluang bisnis yang sangat besar, dimana saat sekarang banyak cafe/warkop yang bermunculan dimana-mana sehingga permintaan kopi di pasaran bahkan diseluruh dunia cukup meningkat, hal tersebut dapat meningkatan perekonomian masyarakat, khusunya bagi para petani.

Selain itu, Kabupaten Kolaka juga dikenal dengan kota kakao yang ditandai dengan adanya tungu kakao city, data volume produksi kakao menurun di Kolaka sehingga Kolaka kehilangan ciri khasnya yang dijuluki sebagai kota kakao, olehnya itu dengan adanya kebun edukasi ini, nantinya kembali dapat meningkatkan pruduk kalau di Kabupaten Kolaka.

” Mencopy dari Unit Bisnis Pertambangan Nikel Maluku Utara, salah satu yang menjadi program unggulan dengan pengembangan budidaya kopi dilahan pertambangan yang sekarang ini suda terlihat hasil dengan nama kopi Halmahera dengan kemasan khusus,” Jelas Dito.



Komentar

Tinggalkan Balasan