Polresta Kendari Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada 2024

Kendari, BuletinNews.com – Polresta bersama Pemkot Kendari menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka pengamanan tahapan pemilihan kepala daerah di wilayah hukum Polresta Kendari. Acara berlangsung di lapangan Satpas Satlantas Polresta Kendari, Rabu (10/7/2024).

Sispamkota menjadi strategi efektif dalam meminimalisir risiko keamanan di berbagai daerah selama masa-masa krusial seperti pemilihan kepala daerah. Melalui simulasi ini, petugas keamanan dilatih untuk menghadapi situasi yang mungkin terjadi secara realistis, mulai dari pengendalian massa, penanganan konflik, hingga pengamanan area tempat pemungutan suara.

Kapolresta Kendari AKBP Aris Tri Yunarko mengungkapkan, simulasi ini bertujuan agar Polresta Kendari siap dalam rangka pengamanan pilkada.

“Sehingga pada waktu nanti kita melaksanakan pengamanan, kita tau apa-apa yang harus kita laksanakan, tahu cara bertindak yang akan kita laksanakan dan tahu bagaimana cara mengantisipasi apabila ada keadaan yang butuh penanganan seperti dalam simulasi ini,” ujarnya.

Selanjutnya, Kapolresta Kendari mengungkapkan, objek vital yang akan diamankan nantinya adalah Kantor KPU, Bawaslu, tempat penyimpanan logistik pemilu, PPK kecamatan dan juga TPS.

Kapolresta Kendari juga berharap, semua pihak dapat berkolaborasi dengan baik guna memastikan pelaksanaan pemilu berjalan aman dan lancar.

Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh Plt Kasat Pol PP Kota Kendari dan Dandim 1417 Kendari serta para camat se- Kota Kendari.

Tinggalkan Balasan