Pj Bupati Kolut Secara Resmi Buka Kegiatan Forum Konsultasi Publik RKPD 2025

Kolut, BuletinNews.com – PJ Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir Sukanto Toding,MSP,MA, secara resmi membuka Forum Konsultasi Publik untuk rencana awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kolaka Utara tahun 2025. Acara ini diselenggarakan di salah satu hotel di Kolaka Utara dan dihadiri oleh para kepala OPD serta perencana OPD, Senin (5/2/2024).

Pejabat Bupati Kolaka Utara, dalam pernyataannya, mengatakan bahwa forum ini merupakan manifestasi dari prinsip pemerintahan yang terbuka dan partisipatif, di mana pendapat dan aspirasi masyarakat menjadi landasan utama dalam merumuskan kebijakan. Dia juga menegaskan pentingnya mendengarkan suara dan aspirasi masyarakat dalam proses penyusunan rencana kerja pemerintah.

“Kegiatan ini bukan sekadar formalitas, tetapi sarana untuk memahami kebutuhan dan harapan masyarakat. Rancangan awal rencana kerja pemerintah yang akan dibahas hari ini adalah hasil kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, forum konsultasi ini memberikan kesempatan bagi semua pihak untuk saling berdialog, berbagi gagasan, dan merumuskan langkah-langkah strategis yang sesuai dengan kebutuhan riil di lapangan.

“Saya yakin dengan partisipasi aktif dan konstruktif dari masyarakat, kita dapat menciptakan rencana kerja yang lebih responsif dan inklusif,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kolaka Utara, Ir. Ikhwan MM, memaparkan lima isu strategis yang akan menjadi fokus utama dalam pembangunan tahun 2025. Diantaranya transformasi sosial kesehatan sebagai landasan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Selain itu, transformasi ekonomi dan tata kelola yang efisien juga menjadi prioritas. Kami percaya bahwa dengan memperkuat fondasi ekonomi dan tata kelola yang baik, kami dapat mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.”Katanya

Fokus pada penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia dan memperkuat daya saing ekonomi regional

Ir. Ikhwan juga menyoroti pentingnya pembangunan berkelanjutan yang memperhatikan lingkungan dan sumber daya alam. “Kami akan terus memperhatikan keberlanjutan dalam pembangunan kami, dengan mempertimbangkan keberlanjutan lingkungan dan sumber daya alam,” tambahnya.

Di tingkat lokal, Kabupaten Kolaka Utara akan terus menegaskan komitmennya dalam penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi lokal. Ir. Ikhwan menekankan,”Memperkuat ekonomi lokal dan meningkatkan infrastruktur wilayah,  dapat menciptakan pertumbuhan yang berkualitas dan inklusif bagi masyarakat .” Jelasnya.

Dengan tujuan untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan kualitas pelayanan publik yang optimal, Kabupaten Kolaka Utara menetapkan sasaran untuk meningkatkan kualitas manajemen kinerja dan pengelolaan keuangan daerah. “Kami berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan manajemen kepegawaian daerah kami,” jelas Ir. Ikhwan.

Dengan komitmen yang kuat terhadap lima isu strategis ini, Kabupaten Kolaka Utara optimis dapat mencapai pembangunan yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada tahun 2025.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *