Pj Bupati Kolut Imbau Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah Plastik

Kolut, BuletinNews.com – Pejabat Bupati Kolaka Utara, Parinringi SE, M. Si, telah mengeluarkan instruksi resmi untuk melaksanakan Hari Raya Idul Adha tanpa sampah plastik.

Hal itu disampaikan saat Bupati Kolaka Utara membagikan daging kurban kepada masyarakat menggunakan besek dan daun pisang. Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara menyembelih hewan qurban sebanyak 4 ekor sapi yang dilakukan di kompleks bundaran Suawindu. Pemotongan sapi dilaksanakan Kamis (29/6/2023).

Langkah tersebut diambil sebagai tindakan nyata dalam rangka menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat, sekaligus mengikuti Surat Edaran dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: SE.6/MENLHK/PSLB3/PLB.3/6/2023 tanggal 21 Juni 2023 tentang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah Plastik serta Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Persampahan.

Bupati Kolaka Utara meminta kepada panitia pembagian daging kurban untuk tidak menggunakan kantong plastik. Sebaliknya, mereka dihimbau untuk mengajak masyarakat membawa wadah sendiri yang dapat dipakai ulang untuk mewadahi pembagian daging kurban. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai yang dapat menyebabkan penumpukan sampah.

“Sebagai bentuk peduli lingkungan Diharapkan mengganti kantong plastik sebagai wadah daging kurban dengan menggunakan daun pisang, daun jati, wadah anyaman bambu (besek), atau wadah lain yang tersedia di daerah masing-masing. Wadah-wadah ini dapat digunakan ulang atau dikomposkan sehingga tidak menimbulkan sampah plastik yang sulit terurai, “Katanya.

Bupati Kolaka Utara, Parinringi SE, M. Si, mengungkapkan keinginannya untuk menjaga kondisi lingkungan tetap minim sampah dan mengantisipasi lonjakan jumlah sampah plastik selama perayaan Idul Adha. Ia berharap melalui langkah-langkah ini, masyarakat dapat lebih peduli terhadap lingkungan dan ikut berperan dalam menjaga kebersihan serta kelestarian alam.

“Dalam rangka melaksanakan instruksi ini, pemerintah daerah juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan melakukan pemilahan sampah. Diharapkan melalui kesadaran bersama, perayaan Idul Adha di Kolaka Utara akan berjalan dengan lancar tanpa meninggalkan dampak negatif terhadap lingkungan”Tuturnya.

Dengan upaya yang telah dilakukan ini, Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara berharap dapat memberikan contoh yang baik bagi daerah lain dalam upaya pengelolaan sampah yang ramah lingkungan. Bupati Parinringi SE, M. Si, mengajak seluruh masyarakat Kolaka Utara untuk mendukung dan aktif berpartisipasi dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tanpa sampah plastik ini.

Tinggalkan Balasan