Pesantren Ummusshabri Sukses Gelar Kongres Internasional 5 Benua

Kendari, BuletinNews.com – Pada perayaan HUT ke-49 Pesantren Ummusshabri sukses menggelar kegiatan Perkemahan Raya dan Ummusshabri Expo tahun 2022 mulai dari kegiatan tingkat lokal hingga tingkat Internasional.

Kegiatan berskala internasional yang sukses dilaksanakan Ummusshabri adalah International Congress (Konggres Internasional),  dengan mengangkat tema The Future Of International Education.

Konggres Internasional yang dilaksanakan pada 10 Januari 2022 ini diikuti oleh seluruh pengurus yayasan Ummusshabri, tenaga pendidik dan kependidikan serta ratusan partisipan melalui aplikasi zoom cloud meeting dan live youtube Ummusshabri TV yang dipandu oleh 4 orang presenter/moderator dari santri Madrasah Aliyah Ummusshabri, masing-masing Laode Muh. Reyza Reynanto, Nadhira Ulya Nisa, Atqanul Haq dan Talita Cantika Humairahim.

Kongress ini menampilkan 7 pembicara dari Negara dan Benua yang berbeda, diantaranya;

Prof. Dr. H. Imam Thalkhah, MA (Indonesia)
Sebagi keynote speaker beliau mengangkat tema Future Chalenges World Education (tantangan masa depan dunia pendidikan), menurutnya tantangan pendidikan di masa mendatang sangatlah kompleks, maka model pembelajaran ke depan diorientasi pada:

Memperkuat pengetahuan ekologi dan pengetahuan tentang cara hidup yang lebih baik
Mendorong untuk menjaga keberlangsungan planet ini
Diversifikasi pedagogis dengan memberdayakan potensi siswa
Mendorong pembelajaran berpikir tingkat tinggi
Fokus pada peningkatan kecerdasan emosional melalui pendekatan holistik
Memperkenalkan dan menyadari pentingnya dunia digital dan literasi
Mendorong keuletan, kemandirian, dan keterampilan kewirausahaan
Memperkenalkan pentingnya komputer bagi siswa sesuai dengan tuntutan masa depan
Dr. Aone Van Englenhoven,  MA (Netherlands/Belanda) :
Ia mengangkat tema : Teaching Indonesian in Europe “cashes between language folklore and language ideology”.

Menurutnya, bahwa bahasa merupakan jiwa dari sebuah negara, ia menjadi salah satu identitas dari negara itu.

Hasil riset yang beliau lakukan terhadap beberapa bahasa di dunia, maka bahasa melayu termasuk Indonesia merupakan kelompok bahasa yang simple dan mudah dipahami dibandingkan dengan bahasa lain misalnya bahasa Belanda.

Pamela Cooper Davis, B.Soc., S.c., M.Ed (Australian)
Menurutnya, bahwa salah satu metode pengajaran di masa kini adalah dengan memanfaatkan server Teacher in a Box. Ini adalah perpustakaan interaktif besar dari komunitas dan sumber daya akademik yang dapat diakses tanpa internet.
Tidak semua daerah memiliki akses internet dan bahkan jika ada internet tetapi biaya untuk mengaksesnya terkadang menjadi masalah tersendiri. Teacher in a Box memiliki dampak positif yang sangat besar dimana sumber daya pengajaran tidak hanya terbatas pada guru, karena server Teacher in a Box mendukung pembelajaran mandiri serta pengajaran di kelas.

Yuta Otake (USA)
Menurutnya, salah satu metode pembelajaran yang saat ini bisa dikembangkan adalah penerapan metode pembelajaran Flipped Classrom.
Flipped classroom (kelas terbalik) merupakan salah satu strategi pembelajaran yang menggunakan jenis pendekatan pembelajaran campuran (blended learning) dengan cara membalikkan lingkungan belajar tradisional dan menerapkan kegiatan pembelajaran di luar kelas (sebagian besar dilakukan secara online). Metode pembelajaran flipped classroom mengajak siswa untuk melakukan diskusi atau melakukan pembahasan terhadap tugas yang sudah diberikan sebelumnya di dalam kelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *