Peringati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI, SD-SMPN Satap 6 Konsel Gelar Upacara Bendera

Konsel, BuletinNews.com – Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke 77, Sekolah Dasar (SD)-Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Satap 6 Konawe Selatan (Konsel) menggelar upacara bendera di halaman sekolah, Jum’at (25/11/2022).

Kepala Sekolah SD-SMPN Satap 6 Konsel, Halman menuturkan SD-SMPN Satap 6 Konawe Selatan berada di Kec. Laonti yang notabene adalah daerah terpencil, namun tidak mengecilkan semangat para guru untuk senantiasa menginspirasi, salah satunya adalah dengan memperingati Hari Guru Nasional dengan melaksanakan upacara bendera dimana petugas upacara diperankan para guru-guru.

“Saya bersama para guru melakukan hal ini, tidak lain sebagai bentuk kecintaan dan kebanggaan kami terhadap profesi guru dan juga membangkitkan rasa nasionalisme pada diri guru maupun siswa,” tuturnya.

Namun, kata Halman, upacara bendera kali ini dikemas dalam nuansa yang berbeda, pasalnya pada upacara kali ini para Dewan Guru di SD-MPN Satap 6 Konawe Selatan menjadi petugas upacara bendera. Mulai dari pembina upacara, pemimpin upacara, pengibar bendera, pembaca UUD 1945, pembawa acara, dan doa dilaksanakan oleh guru-guru SD-SMPN Satap 6 Konawe Selatan, dan untuk pesertanya melibatkan seluruh siswa-siswi SD-SMPN Satap 6 Konawe Selatan.

Sementara itu, Sahrun yang bertugas sebagai pembina upacara mengatakan, upacara bendera kali ini, special untuk Hari Guru Nasional dan peringatan Ultah PGRI yang telah dipersiapkan oleh dewan guru yakni dengan melakukan latihan selama dua hari sebelum pelaksanaan upacara dimulai.

Lanjutnya, Jelang 25 November 2022, sekolah telah mempersiapkan momentum special Hari Guru Nasional dengan melaksanakan upacara yang berbeda dengan upacara pengibaran bendera disetiap hari senin.

Ia menjelaskan, tujuan dari penampilan berbeda dalam upacara bendera kali ini, adalah untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada para murid, utamanya siswa-siswi SD-SMPN Satap 6 Konawe Selatan untuk senantiasa berinovasi dan membangun kerjasama yang baik antar siswa, maupun dalam masyarakat nantinya.

Selain itu, peringatan Hari Guru Nasional juga untuk mengingat jasa-jasa para guru yang tak kenal lelah dalam upaya mencerdaskan anak bangsa, sebab guru adalah jalan untuk mengenal jendela dunia melalui ilmu yang mereka ajarkan.

“Meskipun pada era ini dunia bisa kita lihat dalam genggaman kita mealui teknologi yang berkembang pesat saat ini. Namun, guru tetaplah dibutuhkan untuk senantiasa membimbing dan mengarahkan pandangan kita pada hal-hal positif, sebagai bekal kehidupan dengan petuah-petuah bijaknya,” jelas Sahrun.

Tambah Sahrun menyampaikan harapan dari seluruh dewan guru SD-SMPN Satap 6 Konawe selatan kedepannya semoga kegiatan ini, semakin meriah dan bisa terlaksana lebih baik lagi,  juga dapat dilaksanakan oleh sekolah-sekolah lain, khususnya sekolah yang berada di Kecamatan Laonti.

“kegiatan seperti ini dapat memberikan motivasi untuk siswa disekolah, jika guru adalah profesi yang mulia. Karena guru ibarat sebuah lilin yang rela melelehkan tubuhnya demi menerangi kehidupan,” tutup Sahrun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *