oleh

Pemprov Jateng Bantu Dapur Umum Korban Banjir di Kendal

Kendal, BuletinNews.com – Pemerintah Provinsi Jateng bersama Pemkab Kendal, serta instansi terkait, terus bahu-membahu membantu warga terdampak banjir rob. Di antaranya dengan bantuan logistik melalui dapur umum di kantor Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kendal.

Penanggung jawab dapur umum di Kendal, Widodo AKS menjelaskan, pihaknya mendapatkan bantuan dari Pemprov Jateng dan pihak lain, ikut serta membantu warga terdampak banjir.

“Bantuan dari provinsi (Pemprov) Jateng berupa bahan pangan lokal dari Dinas Sosial Provinsi Jateng, sudah dibantukan ke Kabupaten Kendal,” kata Widodo, di Kendal, Rabu (25/5/22) malam.

Mereka menyediakan nasi bungkus di dapur umum sejak Senin (23/5/22). Adapun nasi bungkus yang disediakan sesuai dengan warga terdampak yang mencapai 1.350 jiwa.

Widodo menjelaskan, pihaknya menyediakan bahan pokok makanan, seperti beras, lauk-pauk, hingga sayuran.  Mereka membagi nasi bungkus setiap harinya, setidaknya dua kali sehari. Yaitu waktu makan pagi dan makan malam.

“Untuk siang kan mereka bisa beraktivitas. Bahkan ada yang bekerja, aktivitasnya masih bisa dilaksanakan sebagaimana biasa,” jelasnya.

Pihaknya juga memastikan stok logistik akan aman hingga beberapa hari ke depan. Sebab bantuan terus berdatangan. Terutama dari CSR perusahaan. Oleh karena itu, pihak dapur umum mengatur bantuan agar tidak menumpuk di sekretariat dapur umum.

“Untuk sementara, kebutuhan dan logistik masih mencukupi. Untuk dua hari masih cukup. Tapi belum semua mengirim atau belum semua memberikan bantuan ke sekreariat,” sambungnya.

Sejumlah daerah terdampak banjir rob di Kendal, di antaranya terjadi di Kaliwungu, Karangsari, Bandengan, dan Kartika Jaya.

Dia menuturkan, selain logistik, warga terdampak juga akan mendapatkan penanganan kesehatan di wilayah terdampak, dengan menyiagakan puskesmas selama 24 jam penuh.

“Sehingga manakala sudah mulai timbul dampak yaitu penyakit kulit dan sebagainya, akan cepat teratasi. Bahkan di wilayah Karangsari besok Jumat (27/5), dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat,” imbuhnya.

Dikatakan, instansi yang dilibatkan di dapur umum ini di antaranya, BPBD, Dinsos, Pemda, Dinas Pertanian Tanaman Pangan, TNI, Polri, Baznas, PMI, CSR perusahaan, Tagana, Pramuka, relawan, dan pihak lain. (Diskominfo Jateng)



Komentar

Tinggalkan Balasan