Pemkab Bone Resmi Terapkan UHC, Berobat Gratis Menggunakan KTP

Bone, BuletinNews.com – Pemerintah Kabupaten Bone telah mendaftarkan 237.381 jiwa ke dalam program JKN dan membayarkan iurannya. Angka tersebut merupakan jumlah penduduk terbesar se-Provinsi Sulawesi Selatan yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah ke dalam Program JKN.

Bupati Bone Dr. H. Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si menyampaikan rasa syukurnya karena di tahun ini Pemerintah Kabupaten Bone telah berhasil meraih predikat Universal Health Coverage (UHC) dimana 98,37% atau 800.506 jiwa dari 813.771 jiwa penduduk Kabupaten Bone telah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

Capaian ini melebihi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2024.

“Kita patut bersyukur bahwa pada tahun 2023 ini Pemerintah Kabupaten Bone bekerjasama dengan BPJS Kesehatan telah menjadikan Kabupaten Bone berstatus Universal Health Coverage (UHC) dengan cakupan 98,37% dari total penduduk kabupaten Bone,” katanya usai launching UHC di Baruga La Teya Riduni Kompleks Rumah Jabatan Bupati Bone Kamis (26/1/2023).

Fahsar menyampaikan bahwa Pemerintah Bone telah mengalokasikan dana APBD
sebesar lebih dari Rp 115 miliar untuk membiayai Iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Hal ini merupakan bukti wujud komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Bone dalam memberikan kepastian jaminan kesehatan kepada seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Bone.

“Nantinya masyarakat yang telah memenuhi persyaratan terdaftar sebagai peserta JKN dapat berobat secara gratis cukup dengan menunjukkan KTP,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan Andi Afdhal Abdullah menhatakan, penghargaan dan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bone atas capaian yang membanggakan ini. Tentunya hal ini tidak lepas dari doa dan ikhtiar bersama seluruh masyarakat Kabupaten Bone yang mendambakan pelayanan kesehatan yang adil dan tidak diskriminatif.

“Tentunya capaian UHC ini bukan akhir dari segalanya. Kami juga masih memerlukan dukungan Pemerintah Kabupaten Bone untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan jumlah kepesertaan JKN di wilayah Kabupaten Bone agar penduduk semakin terlindungi jaminan kesehatannya,” katanya

Afdhal menambahkan, BPJS kesehatan bersama Pemerintah Bone akan terus senantiasa berkomitmen untuk tetap memberikan mutu pelayanan yang terbaik kepada masyarakat khususnya peserta JKN.

“Tujuannya untuk memastikan akses pelayanan kesehatan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat tanpa terkecuali,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *