oleh

Lima Rumah Warga Wajo Rusak Parah Akibat Banjir Bandang

Wajo, BuletinNews.com – Banjir bandang mengakibatkan sejumlah rumah warga di Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan, rusak pada Sabtu (26/6/21). BPBD setempat mengidentifikasi lima rumah mengalami rusak berat sedangkan empat lain rusak ringan.

Insiden tersebut dipicu oleh hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi. Derasnya hujan menyebabkan debit air anak sungai di wilayah Lajokka meluap pada pukul 03.34 waktu setempat. Banjir terjadi tepatnya di Desa Inalipue, Kecamatan Tanasitolo, Wajo. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo pun segera melakukan evakuasi warga dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk upaya penanganan darurat.

Data sementara menyebutkan 40 KK atau 123 jiwa terdampak, sedangkan 5 KK atau 11 jiwa mengungsi. Kerugian material tercatat 40 unit rumah warga dan 3 bangunan umum terdampak, seperti kantor desa dan sekolah. 

Berdasarkan analisis inaRISK, Kecamatan Tanasitolo termasuk salah satu wilayah di Kabupaten Wajo yang memiliki potensi banjir. Sebanyak 14 kecamatan yang berada pada potensi bahaya tersebut di Kabupaten Wajo. Dilihat pada bahaya banjir bandang, sebanyak 3 kecamatan teridentifikasi di kabupaten ini, yaitu di Sabbang Paru, Keera dan Pitumpanua.

Pada aplikasi Info BMKG, pada hari ini dan esok (28/6/21) wilayah Kecamatan Tanasitolo masih berpotensi hujan ringan.

Menyikapi potensi cuaca hujan, masyarakat tetap diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang.

Red/Andi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.