Kolut Dilanda Banjir dan Rendam 87 Unit Rumah Warga di Batu Putih

Kolut, BuletinNews.com – Hujan dengan Intensitas tinggi menghantam Kecamatan Batuputih, Kolaka Utara, menyebabkan banjir yang melibatkan tiga desa dan satu kelurahan. Desa Latowu, Desa Makkuaseng, dan Desa Tetebao menjadi langganan genangan air, sedangkan Kelurahan Kecantikan Batuputih juga tidak luput dari dampak, dengan sejumlah rumah dan fasilitas umum terendam yang terjadi pada, Selasa (16)1/2024).

Menurut data terkini, Desa Latowu mengalami dampak terberat dengan 87 rumah terendam, diikuti oleh Desa Makkuaseng dengan 20 rumah, dan Desa Tetebao dengan 26 rumah. Kelurahan Kecantikan Batuputih melaporkan empat rumah serta beberapa fasilitas umum, termasuk dua sekolah, kantor desa, sekolah dasar, taman kanak-kanak, dan dua masjid yang terkena dampak.

Saat banjir melanda, pemerintah daerah Kabupaten Kolaka Utara turun langsung ke lokasi bencana. Sekretaris Daerah (Sekda) Kolaka Utara, Dr. Taupik,S, menyatakan keprihatinan dan menjelaskan, “Kami bergerak cepat untuk memberikan bantuan kepada korban banjir. Semua bantuan ini berasal dari Dinas Sosial dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kolaka Utara,” katanya.

Bantuan tersebut mencakup sembako dan bantuan lainnya yang diserahkan secara langsung kepada korban. Kolaborasi antara pemerintah daerah, Polsek Batuputih, Pol PP, BPBD, Damkar, dan Pramuka membantu proses pembersihan dan pemulihan di lokasi bencana. Bantuan air bersih juga di suplaikan kerumah warga melalui Damkar.

Dinas Pekerjaan Umum (PU) juga turun tangan dengan langkah cepat. Mereka fokus pada normalisasi sungai untuk menghindari banjir susulan

Sementara itu, Mustamin, seorang warga dari Desa Latowu, mengungkapkan dampak  dari hujan deras tersebut, “Jam 11 malam, hujan deras sampai pinggang. Karena tanggul jebol, kami berharap tanggul segera diperbaiki,” harapnya

Dengan kondisi cuaca yang belum menentu, warga dan pihak berwenang terus bekerja sama untuk memitigasi dampak banjir dan memulihkan normalitas di wilayah terdampak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *