Ketua Komisi l DPRD Kolaka Hadiri Upacara Harkitnas Tahun 2024

Foto: Upacara Hari Kebangkitan Nasional

Kolaka, BuletinNews.com – Ketua Komisi l DPRD Kolaka, Kaharuddin, menghadiri upacara Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) ke 116 Tahun 2024 dengan tema “Bangkit Untuk Indonesia Emas”, berlangsung di Halaman Kantor Bupati Kolaka, Senin (20/05/2024).

Lebih dari seabad lalu, tepatnya pada tanggal 20 Mei 1908, lahirlah organisasi Boedi Oetomo, yang di masa itu telah menumbuhkan bibit-bibit untuk cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia.  Hari berdirinya Boedi Otomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini.

Bupati Kolaka Andi Makkawaru, selaku inspektur upacara membacakan sambutan menkominfo, bahwa Boedi Oetomo menjadi awal mula tempat orang belajar dan berdebat tentang banyak hal, seperti pentingnya pendidikan barat bagi rakyat Hindia Belanda serta penyebaran pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang priayi atau  bukan.

“Apa yang digagas Boedi Oetomo, Kartini dan para embrio bangsa, kemudian dirumuskan Bung Karno sebagai “jembatan emas”. Kemerdekaan membayangkan Bung Karno sebagai sebuah “jembatan emas” yang akan membawa bangsa Indonesia menikmati kehidupan sejahtera lahir dan batin di atas tanah sendiri.”  ungkapnya

Selain itu, ia juga mengatakan demografi yang dimiliki Indonesia harus dikelola dengan kebijaksanaan. Salah satu yang menjadi penopangnya adalah adopsi teknologi digital. 


“Tingkat penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 79.5% dari total populasi. Hal ini diperkuat dengan potensi ekonomi digital ASEAN yang diperkirakan meroket hingga 1 triliun USD pada Tahun 2030,” jelasnya.

Harapan beliau, dengan pencanangan percepatan transformasi digital nasional oleh Bapak Presiden Joko Widodo yang dipacu beberapa tahun terakhir ini, tantangan demi tantangan dapat kita hadapi bersama.

“Kerja bersama dari seluruh komponen bangsa telah menggerakkan roda bertransformasi dengan pasti. Hasil demi hasil bisa mulai dinikmati, mulai dari kalangan perkotaan sampai dengan pedesaan, di seluruh penjuru tanah air,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *