Ketua DPRD Kolaka Menghadiri Sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan Tingkat SMA/SMK

Kolaka, BuletinNews.com – Ketua DPRD Kabupaten Kolaka Ir. Syaifullah Halik Menghadiri Acara Sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan Tingkat SMA/SMK Sederajat se- Kecamatan Kolaka dan Latambaga, Selasa (07/11/2023).

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Badan Kesbangpol Drs. Salamansyah, Dosen Politeknik Negeri Ujung Pandang dan Para Peserta Tamu Undangan lainnya.

Ketua DPRD Kolaka, Syaifullah Halik menyampaikan pendidikan wawasan kebangsaan sangat penting dalam meningkatkan pemahaman tentang sejarah dan budaya. Pendidikan wawasan kebangsaan membantu anak-anak semua dalam memahami sejarah, budaya, dan nilai-nilai yang melekat dalam masyarakat dan negara mereka. Ini membantu menciptakan identitas nasional yang kuat dan rasa bangga terhadap warisan budaya mereka.

Pengetahuan wawasan kebangsaan juga dapat membantu anak -anak semua memahami prinsip-prinsip demokrasi, hak dan kewajiban warga negara, serta pentingnya keterlibatan aktif dalam proses politik dan sosial. Ini penting untuk membangun masyarakat yang demokratis dan berpartisipasi.

Kepala Badan Kesbangpol Kolaka, Drs. Salamansyah dalam sambutannya menyampaikan tantangan kedepan yang dihadapi oleh generasi muda adalah era informasi yang semakin bebas dan terbuka, keadaan ini dapat membuat tergerusnya nilai- nilai kebangsaan dengan banyaknya informasi akan faham-faham yang bertentangan dengan ideologi Pancasila dan nilai-nilai nasionalisme.

Akibat yang mungkin saja ditimbulkan adalah, semakin meningkatnya sikap apatis dan individualis dan sangat mudah terjerumus dalam pergaulan yang salah ditengah generasi muda, seperti Narkoba, Tawuran antar sekolah dan hilangnya rasa hormat kepada Guru dan Orang Tua.

“Saya berharap melalui kegiatan ini rasa Nasionalisme dalam diri kita akan semakin kuat sehingga melahirkan sikap bela negara yang tinggi, dan mampu mendorong kemajuan bangsa dan negara kita khususnya kabupaten Kolaka yang kita cintai ini. Hal ini sejalan pula dengan visi Bupati dan Wakil Bupati Kolaka yaitu Kabupaten Kolaka yaitu Kabupaten Kolaka yang semakin maju berkeadilan dan Sejahtera,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *