Kemenag Sultra Gelar Seleksi Petugas Haji Daerah 1443 H

Kendari, BuletinNews.com – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, menggelar Seleksi Calon Petugas Haji Daerah (PHD) Prov. Sulawesi Tenggara tahun 1443 H/2022 M di Aula Kanwil Kemenag Sultra, Kamis (12/5/22). 

Berlangsung secara serentak se Indonesia, tes PHD di lingkungan Kanwil Kemenag Sultra di buka oleh Kakanwil Kemenag Sultra yang diwakili Kepala Bidang PHU, Marni, turut dihadiri Gubernur Sultra yang diwakili Plh. Karo Kesra Setda Prov. Sultra H. Abu Baeda, Panitia dan diikuti 6 orang peserta. 

“Jadi yang kami seleksi ini adalah pelayanan umum dan kesehatan. Hal ini dilakukan, karena berdasarkan evaluasi pada tahun sebelum-sebelumnya. Karena ini sistim pelayanan, perlindungan kepada jamaah, maka petugas harus melayani bukan dilayani. Jadi kita betul-betul harus memberikan pelayanan yang maksimal kepada jamaah. Pasca seleksi ini, panitia akan menyurat ke Menteri dan setelah itu akan ada Bimtek PHD,” jelasnya.

Seleksi PHD kali ini berlangsung secara transparan/obyektif dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). Yang mana hasilnya langsung dapat diketahui oleh peserta. CAT dengan bobot nilai 40 persen, kemudian akan ada tahapan wawancara dengan bobot nilai 60 persen. 

“Dari hasil tes ini, nantinya akan menghasilkan 4 orang yang akan mengisi kuota PHD. Dan diharapkan dari hasil empat orang ini bisa terlaksana dengan baik dalam segala tahapannya dan tidak ada kendala,” harap Marni.

Sebelumnya, Ketua Panitia Seleksi Calon Petugas Haji Daerah, Hj Yuni Susilowati dalam laporannya menjelaskan, jika seleksi ini bertujuan untuk menyiapkan calon Petugas Haji Daerah yang akan membantu Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (TPHI) kloter dalam memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada jamaah haji.

Diketahui, Musim Haji tahun ini pasca dua tahun vakum akibat pandemi covid-19, Sultra mendapatkan kuota dibawah 50 persen atau sebanyak 917 jamaah, 4 orang PHD dan 1 KBIHU, sehingga total keseluruhan berjumlah 922 orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *