Kakanwil dan Jajaran Kemenag Sultra Ikuti Orientasi PPPK

Kendari, BuletinNews.com – PPPK merupakan bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja. PPPK juga mempunyai peranan penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan. Karenanya, PPPK harus dapat memberikan peran terhadap peningkatan kinerja di Kementerian Agama. 

Demikian ditegaskan Menag Yaqut Cholil Qoumas saat membuka orientasi bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kinerja (PPPK) yang digelar oleh Kementerian Agama RI di Surabaya, Rabu (13/9/2023). Pembukaan Orientasi diikuti oleh Kakanwil Kemenag Sultra H Muhamad Saleh beserta jajaran secara daring, serta 29.012 PPPK Kemenag se Indonesia.

“PPPK harus dapat membangun komunikasi serta dapat bekerjasama membangun tim kerja yang efektif dan efisien,” pesan Menag.

Menurut Menag, orientasi merupakan langkah percepatan penyesuaian diri bagi PPPK. Ini diatur dalam Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengembangan Kompetensi PPPK.

“Kita adalah pelayan masyarakat dan negara. Jadikan kegiatan ini sebagai ajang meneguhkan komitmen pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat,” pesan Menag Yaqut.

Sebagai PPPK Kemenag, Gus Men minta jajarannya selalu menjaga etika, moral, dan profesional. Setiap ucapan dan tindakan keluarga besar Kemenag, membawa nama agama. Ini berkonsekuensi bukan hanya terhadap marwah Kementerian Agama saja, tapi juga marwah agama. Karenanya, nilai-nilai Moderasi Beragama harus terus disosialisasikan dan diterapkan.

Menag juga menyerukan agar ASN PPPK senantiasa bekerja dengan semestinya, bekerja dengan baik dan berintegritas. Tidak asal-asalan dalam bekerja, karena menjadi ASN PPK adalah pengabdian.

“Saudara tidak perlu berterima kasih pada Menteri Agama. Berterimakasihlah pada pemerintah, kepada Presiden Jokowi, dan orangtua. Datangi orangtua, telepon, WhatsApp, video call, dan datang ke makamnya bagi yang sudah wafat. Syukuri apa yang sudah diterima,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Amin Suyitno menyampaikan bahwa penyelenggaraan Orientasi PPPK ini tertuang dalam surat Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN LAN Nomor: 5666/D.3/PDP.07.1 tanggal 16 Agustus 2023 perihal Penyelenggaraan Orientasi PPPK.

Menurutnya, Orientasi PPPK dilaksanakan secara bertahap sejak 13 September sampai akhir Oktober 2023 dan pembukaannya digelar serentak se Indonesia.

“Pembukaan Orientasi PPPK ini digelar serentak secara Luring dan Daring yang dipusatkan di Balai Diklat Keagamaan Surabaya. Dan seluruh PPPK mengikutinya dari tempat masing-masing melalui zoom meeting dan chanel Youtube Balitbang-Diklat Kemenag,” kata pria yang akrab dipanggil Suyitno ini. 

Orientasi PPPK Kemenag, lanjut Suyitno, dilakukan dengan metode pembelajaran klasikal. Pelaksanaannya berada di bawah penjaminan mutu Pusdiklat Tenaga Administrasi Kementerian Agama.

“Kita harus bersyukur, dan itu diwujudkan dengan komitmen menjalankan tugas dan disiplin serta terus menggaungkan nilai-nilai Moderasi Beragama,” tutup Amin Suyitno.

Tampak hadir Pejabat Eselon I, II Kemenag, Para Staf Khusus, Staf Ahli, dan Tenaga Ahli Menteri Agama, para Rektor PTKIN se Jatim, Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur dan jajarannya.

Tinggalkan Balasan