Jelang Iduladha Pemkab Kolut Gelar Gerakan Pangan Murah

Kolut, BuletinNews.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara melalui Dinas Ketahanan Pangan Kolut, melaksanakan Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak Nasional” dalam rangka Stabilisasi Pasokan dan Harga Jelang Idul Adha 2023.

Kegiatan ini serentak dilakukan secara nasional di 342 titik di 300 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Peluncuran Gerakan Pangan Murah ini disaksikan oleh Penjabat (Pj.) Bupati Kolaka Utara, Parinringi, S.E., M.Si., bersama Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan masyarakat melalui zoom, Senin (26/6/2023).

Pj. Bupati Kolaka Utara menyatakan
bahwa kegiatan ini dapat menginspirasi
pemerintah daerah untuk selalu bergerak cepat dalam mengantisipasi dan mengendalikan harga-harga kebutuhan pokok yang berpotensi menyebabkan inflasi di daerah Kabupaten Kolaka Utara.

Berdasarkan indeks perkembangan harga pangan pada minggu ketiga Juni 2023, Kabupaten Kolaka Utara merupakan daerah dengan indikator perubahan harga atau penurunan harga tertinggi secara nasional, yaitu sebesar -6,81%. Beberapa komoditas yang memberikan kontribusi terhadap penurunan harga adalah beras, ikan kembung, dan minyak goreng.

Pj. Bupati juga mengungkapkan bahwa
Kabupaten Kolaka Utara telah melakukan beberapa kegiatan serupa melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), seperti pasar murah. Baru-baru ini, mereka juga bekerja sama dengan Kamar Dagang Industri (KADIN) Provinsi Sulawesi Tenggara, Bulog, dan beberapa distributor dalam melaksanakan kegiatan serupa.

Harapannya, Gerakan Pangan Murah ini dapat memberikan manfaat kepada
masyarakat, dan kegiatan serupa telah
dilaksanakan beberapa kali sebelumnya.

Peluncuran GPM Serentak Nasional
berlangsung di Bundaran Suawindu Lasusua, Kolaka Utara, dengan tujuan memastikan ketersediaan dan aksesibilitas pangan murah bagi masyarakat jelang perayaan Idul Adha. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat dan memastikan stabilitas harga pangan di wilayah tersebut.

Tinggalkan Balasan