oleh

Jalin Sinergitas Kemendagri, Kemendikbud dan Kemendes Teken Nota Kesepahaman Dalam Pembinaan PDTT

Jakarta – BuletinNews.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menandatangani Nota Kesepahaman tentang Kesinergisan Program Pembinaan Penyelenggaraan Desa serta Pembangunan Desa, Daerah Tertinggal, dan Kawasan Transmigrasi. Penandatanganan dilakukan di Hotel Bidakara Grand Pancoran, Jakarta, Rabu (10/2/2021).

“MoU ini menjadi payung hukum bagi Kemendagri, Kemendikbud dan Kemendes, dan Pertides (Forum Perguruan Tinggi untuk Desa), yang perlu di-follow up dengan langkah-langkah nyata, dengan grand design yang bagus, dengan timelinenya, kemudian dibentuk tim bersama antara Kemendes, Ditjen Dikti dan Kemendagri melakukan monitoring,” kata Mendagri Muhammad Tito Karnavian mengawali sambutannya.

Dikutip dari laman website resmi Kementerian Dalam Negeri bahwa Mendagri menjelaskan, lahirnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2015, sebagai payung hukum dibentuknya Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), serta dialokasikannya Dana Desa dalam jumlah yang besar, adalah menjadi bukti keseriusan Pemerintah dalam mengelola Desa atau sebutan lainnya, sebagai suatu komunitas yang sudah ada sejak lama, dalam upaya mewujudkan pemerataan pembangunan dan ketahanan nasional.

“Kemudian selain pemerataan pembangunan  yang dapat mengurangi urbanisasi, juga diharapkan akan tumbuh dan berkembang sentra-sentra ekonomi baru yang dapat menopang  ketahanan nasional. Hal ini sesuai dengan visi Bapak Presiden, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran. Pinggiran ini bukan hanya daerah  perbatasan, tapi juga daerah-daerah atau wilayah pedesaan,” ujar Mendagri.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed