oleh

Gubernur Meminta OJK Dapat Membantu Besarkan Bank Sultra

Selain itu, ada Program Bank Wakaf Mikro (BWM). Saat ini, OJK telah membentuk BWM di 60 titik se-Sultra. BWM meruakan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) yang berfokus pada pembiayaan usaha masyarakat kecil yang diinisiasi OJK bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas).

Setiap BWM akan menerima sekitar Rp 3 miliar sampai Rp 4 miliar yang bersumber dari donator yang bisa berasal dari semua kalangan atau perusahaan. Pembiayaan bagi nasabah BWM untuk tahap awal sebesar Rp 1 juta dengan biaya administrasi tiga persen per tahun.

Terkait dengan Bank Sultra, selain untuk membiayai investasi besar seperti pertambangan yang banyak di daerah ini, Bank Sultra juga diharapkan menjadi garda terdepan dalam mengembangkan UMKM.

Terdapat subsidi sebesar Rp 250 triliun yang yang disediakan pemerintah untuk seluruh UMKM di Indonesia. Tinggal bagaimana strateginya agar Bank Sultra meningkatkan porsinya dalam menyalurkan KUR (kredit usaha rakyat). Untuk itu, kami akan lebih aktif berdialog dengan Bank Sultra,” jelas Wimboh.

Terkait dengan pemberian hibah yang dilakukan Pemprov Sultra kepada OJK, Gubernur menegaskan bahwa ini merupakan salah satu upaya memperkuat sinergitas dan meningkatkan harmonisasi gerak langkah antara pemerintah daerah dengan instansi vertikal.

Red/AH

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed