oleh

Gempa dengan Kekuatan 3,3 Magnitudo Gungcang Masamba Luwu Utara

Masamba, BuletinNews.com – Gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 3,3 mengguncang Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Minggu (14/3/21).

Dari data yang tercatat di BMKG, gempa tersebut terjadi sekitar pukul 06:34:37 WIB dengan episenter gempa terletak pada koordinat 2.42 LS dan 120.24  BT. Kedalam gempa 5 Kilometer. Gempa tersebut berpusat didarat 33 kilometer Tenggara Luwu Utara. Getaran gempa bumi dirasakan dalam skala II MMI di Kecamatan Masamba.

Dikutip dari Tribunnews.com, Kepala Stasiun Geofisika Gowa Rosa Amelia menyebut gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

“Hari ini wilayah Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, diguncang gempa bumi tektonik,” tulis BMKG dalam rilisnya.

Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, menunjukkan bahwa gempa ini termasuk dalam klasifikasi gempa dangkal. Akibat aktivitas sesar lokal setempat yang berdekatan dengan pusat episenter.

“Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Masamba II (getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulakan gempa bumi tersebut,” jelasnya.

Red/Andi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.