Gempa 7,0 Magnitudo Guncang Pulau Karatung Sulawesi Utara

Sulut, BuletinNews.com –  Gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 7,0 mengguncang Pulau Karatung Sulawesi Utara yang terjadi pada, Selasa (9/1/2023) sekitar pukul 03:48:45 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi terletak pada koordinat 4.92 LU (Lintang Utara) dan 126.33 BT (Bujur Timur), atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 85 sekitar Barat Laut kilometer barat laut Pulau Karatung Sulut pada kedalaman 56 km.

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Dirasakan (Skala MMI): IV Kepulauan Sangihe, IV Kepulauan Talaud, III Bitung, II-III Halmahera Utara, II Manado. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

Tinggalkan Balasan