Diskominfo Kota Kendari Gelar Sosialisasi Pembentukan KIM

Kendari, BuletinNews.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Kendari menggelar Sosialisasi Pembetukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) kecamatan dan kelurahan lingkup Pemerintah Kota Kendari. Rabu (05/07/2023).

Sosialisasi ini dilakukan di Kecamatan Puuwatu dan selanjutnya di Kecamatan Nambo dengan membuka sesi diskusi bersama.

Dalam pembukaan sosialisasi ini, Kepala Dinas Kominfo, Fadlil Suparman menyampaikan, tujuan digelarnya sosialisasi pembetukan Kelompok Informasi Masyarakat adalah, untuk meminimalisir dampak negatif dari percepatan arus media informasi yang berkembang di masyarakat.

“Jadi memang peran kelompok informasi ini penting untuk dapat memfilter hal-hal yang kadang kebablasan di media untuk masyarakat,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, nantinya KIM ini yang diharapkan menjadi wadah masyarakat dalam pembahasan isu-isu yang berbedar bebas di lingkungan sekitar dan media sosial.

Sementara itu di tempat yang sama Camat Puuwatu Ratriyansyah menyampaikan, banyak apresiasi serta akan mendukung penuh pembentukan KIM ini, sehingga ke depannya bisa di jalankan secara efektif bersama-sama.

” InsyAllah kami dari kecamatan Puuwatu bersama enam kelurahan, siap untuk berkomitmen untuk menyukseskan KIM ini untuk kedepannya,” ungkapnya.

Kepala Bidang Infokom Dinas Kominfo Amran, dalam diskusi bersama juga menjelaskan, sosialisasi KIM ini dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan dari kerentanan masyarakat yang mudah terpengaruh dari informasi yang tersebar di media sosial.

” Seperti yang sudah dijelaskan tadi, masyarakat memang sangat rentan terkena informasi yang keliru, karena semua kalangan saat ini memiliki media sosial,” ungkapnya.

Dia juga menjelaskan bahwa, peran KIM terdiri dari enam aspek penting, yaitu Sumber Informasi, Penyerap Aspirasi, Mitra Pemerintah, Kontrol Sosial, Filter Informasi dan sebagai Terminal informasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *