oleh

Dinas Kesehatan Bone Lakukan Verifikasi STBM di Desa Cinnong

Bone, BuletinNews.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Bone gelar Verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Desa Cinnong, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone, Jum, at (16/9/2022).

Tim verifikasi dari tim Dinas Kesehatan disambut sangat antusias oleh seluruh warga desa Cinnong yang menginginkan hidup secara sehat dengan menerapkan 5 pilar STBM.

Kegiatan diawali penerimaan Tim Verifikasi oleh Camat Barebbo dan Tripika Kecamatan Serta Pemerintah Desa Cinnong beserta jajaran. Kemudian dilanjutkan kegiatan penentuan Rumah Tangga yang akan dipilih menjadi sampel untuk diverifikasi sebanyak 30% dari seluruh jumlah RT yang ada di Desa Cinnong sebanyak 38 RT.

Ada 5 hal yang diverifikasi : tidak buang air besar sembarangan, menerapkan Cuci tangan pakai sabun, pengelolaan makanan dan air minum yang sehat, pengelolaan sampah , dan pengelolaan air limbah domestik (Sarana Pembuangan Air Limbah).

Serta tahap berikutnya Tim mengumumkan hasil temuan penelusuran Rumah Tangga dan Alhamdulillah Desa Cinnong Kecamatan Barebbo dinyatakan Layak untuk menjadi Desa STBM yang ke sepuluh dari 372 Desa/Kelurahan se Kabupaten Bone sekaligus menjadi Desa STBM yang pertama di Wilayah Kecamatan Barebbo.

Ketua Tim Verifikasi Desa STBM Kab.Bone, dr.Eko Nugroho menngucapkan STBM merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Indikator outcome STBM yaitu menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku.

Komentar

Tinggalkan Balasan