oleh

Diduga Oknum Anggota Polri Terlibat Dalam Aktifitas Eksplorasi Ore PT.SAM di Kolaka

Kolaka, BuletinNews.com – Terkait aktivitas pertambangan yang diduga tidak memiliki dokumen resmi (ilegal) diwilayah Desa Sopura, Kecamatan Pomalaa oleh PT.Sopura Ayu Mandiri (SAM) serta diindikasikan adanya bekingan dari oknum anggota Polri. Koalisi Kolaka Kontrol melakukan aksi unjuk rasa didepan kantor DPRD Kolaka, Senin (22/11/21).

Haeruddin yang biasa disapa Dudi Ketua DPD orasinya mengatakan kerusakan hutan dan lingkungan dijalur tambang kilometer 10 desa sopura kecamatan pomalaa adalah dampak maraknya aktifitas eksplorasi ore yang dilakukan oleh PT. SAM yang diduga tidak memiliki IPPKH, tidak memiliki izin lintas jalan umum, tidak memiliki KTT yang bersertifikasi, tidak memiliki standar keselamatan dan kesehatan kerja hingga merugikan Negara melalui PNBP.

“PT. SAM diduga tidak prosedural dalam melakukan eksplorasi ore, kegiatan tersebut dikelolah oleh Iwan zibi  dan CS  diduga punya beking salah satu anggota polri yang biasa disapa Jhon, beliau pernah bertugas dipolres kolaka dan saat ini bertugas dipolres muna, hingga salah satu pegawai depag diduga telah menerima royalti dari kegiatan eksplorasi ore PT.SAM,” teriaknya.

Olehnya itu Dudi meminta DPRD Kolaka agar segera melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan memanggil istansi-istansi terkait mengenai aktifitas eksplorasi ore PT.Sopura Ayu Mandiri (SAM).

“Bila tuntutan kami tidak diindahkan oleh DPRD kolaka kami akan melakukan aksi di Polda Sultra, kami punya bukti-bukti kuat hingga bukti rekaman via telfon terkait kegiatan ilegal loging yang dilakukan oleh Iwan zibi dan CS serta salah satu angota polri yang bertugas diwilayah hukum polres muna serta salah satu pegawai depag yang menerima royalti,” tegas dudi

Setelah beberapa jam melakukan aksi, para pendemo diterima langsung oleh Ketua DPRD Kolaka Saifullah Halik yang didampingi ketua komisi III DPRD.

Saifullah Halik yang didampingi ketua komisi III DPRD, berjanji akan melakukan RDP dengan memanggil seluruh Instansi terkait.

“Terkait waktunya kami belum bisa janji teman-teman untuk RDP, Diman saat ini masih sibuk menggelar rapat APBD 2021. Nanti saya kordinasi dengan teman di Komisi lll, jika sudah ada waktu kosong kita akan segera lakukan RDP,” tutupnya.

Reporter : Awal

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed