Cegah Karhutla,Kapolri Perintahkan Jajaran Aktifkan Satgas

Jakarta, BuletinNews.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memerintahkan Polda dan jajarannya untuk kembali mengaktifkan mengintesifkan Satgas Manggala Agni.

Satgas tersebut bertugas untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Hal itu sesuai arahan Presiden Jokowi yang meminta TNI-Polri untuk mewaspadai Karhutla.

“Terkait masalah karhutla, hari ini kita juga sudah bahas dan kita ingatkan ke Polda yang memang selama ini menjadi polda yang sering terjadi karhutla untuk segera mengaktifkan kembali satgas,” kata Kapolri dalam keterangannya, Jumat (10/2/2023).

Kapolri menegaskan pihaknya tetap melakukan pemantauan asap atau kebakaran melalui teknologi yang telah disiapkan. Dengan ini, lanjut dia, karhutla bisa dengan cepat ditanggulangi.

“Alat-alat yang harus disiapkan manakala terjadi kebakaran itu semua kita minta untuk aktifkan sehingga begitu ada titik hotspot segera bisa dipadamkan,” ujar Kapolri.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) harus segera diwaspadai. Apalagi, El Nino diperkirakan akan terjadi sekitar akhir Februari-Maret 2023.

Jokowi mewanti-wanti TNI-Polri khususnya di lokasi yang rawan karhutla seperti Riau, Sumatera Utara, dan Kalimantan. Ia menegaskan, janji yang dibuat dengan TNI-Polri masih berlaku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *