oleh

Cara Mengatur Kampanye Politik Melalui Media Sosial

BuletinNews.com – Kampanye politik melalui media sosial mulai marak pada pemilu tahun 2019. Lalu, pada Pilkada tahun 2020 kampanye politik melalui media sosial diberlakukan oleh KPU secara resmi sebagai pengganti kampanye konvensional karena sedang pandemi Covid-19. Kampanye melalui media sosial pun semakin banyak mendapatkan perhatian.

Kampanye melalui media sosial tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, butuh strategi dan kreativitas yang tinggi untuk dapat memperoleh dukungan dan bersaing bahkan unggul dari lawan. Sebuah partai atau paslon bahkan perlu adanya tim manajemen kampanye media sosial agar teratur dan melakukan yang terbaik.

Dikutip dari rajabacklink, sebenarnya cara mengatur kampanye di media sosial mudah-mudah susah. Cukup susah untuk pengalaman pertama, tetapi mudah jika udah terjadwal dengan baik.

Berikut ini tips untuk mengatur kampanye politik melalui media sosial:

1. Tonjolkan Konten di Media Sosial yang sedang Populer
Media sosial yang digunakan oleh masyarakat Indonesia itu cukup banyak, seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan TikTok. Manfaatkan semua platform media sosial tersebut untuk mengunggah informasi yang penting yang harus diketahui oleh masyarakat, seperti visi, misi, dan program kerja.

Selain itu, tonjolkan suatu kreativitas yang unik di salah satu media sosial yang sedang populer. Misalnya dulu Instagram sangat populer, para kandidat dan partai lebih sering mengunggah konten unik di Instagram. Di Facebook mereka masih melakukan kampanye, tetapi sering kali dilakukan oleh tim kampanye.

Contoh lain misalnya pada tahun 2020 aplikasi TikTok yang sangat populer di Indonesia, banyak orang-orang yang melakukan kampanye melalui TikTok karena masyarakat lebih sering aktif di platform tersebut dibandingkan yang lainnya. Jadi, media sosial yang sedang populer harus diberi perhatian lebih untuk sarana kampanye.



Komentar

Tinggalkan Balasan