Bagian Kesra Pemda Kolaka Gelar Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah

Kolaka, BuletinNews.com – Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kabupaten Kolaka menggelar pelatihan Penyelenggaraan Jenazah di Aula Sasana Praja Pemda Kolaka, Senin (21/11/2022).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Kolaka H. Ahmad Safei. Dan dihadiri Wakil Bupati Kolaka H. Muh. Jayadin, Ketua DPRD Ir. Syaifullah Halik, Kepala Kemenag Kolaka Drs. H. Baharuddin, Kabag Kesra H. Syaifuddin Mustaming, Para Asisten, Kepala OPD dan diikuti oleh seluruh peserta pelatihan.

Bupati Kolaka menjelaskan, dalam Islam hukum mengurus jenazah adalah fardhu kifayah, itu artinya diantara umat Islam diwajibkan memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan ketentuan syariat islam, maka dari itu kegiatan ini wajib dilaksanakan.

‚ÄúPelatihan ini dirasa penting, karena di masa sekarang ini banyak masyarakat yang tidak mengetahui bagaimana cara mengurus jenazah orang yang sudah meninggal,” jelasnya.

Bupati Kolaka berharap kepada seluruh peserta yang mengikuti pelatihan ini agar ilmu yang didapat bisa dipraktikan di desa dan dusunnya masing-masing .

Sementara itu, Kabag Kesra H. Syaifuddin Mustaming melaporkan bahwa, jumlah peserta mencangkup 135 perempuan, 135 laki-laki, 135 Imam Desa/Dusun dan jumlah keseluruhan sebanyak 405 peserta.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan kader praktisi penyelenggara jenazah yang selama ini menurut masyarakat Kab. Kolaka sangat susah mendapatkan orang yang mau mengurus jenazah (khususnya perempuan).

Selanjutnya, dilanjutkan dengan Penyematan tanda peserta secara simbolis oleh Bupati Kolaka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *