oleh

Andi Merya Resmi Dilantik Sebagai Bupati Koltim Periode 2021-2026

Kendari, BuletinNews.com – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi resmi melantik Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kolaka Timur (Koltim) Andi Merya Nur sebagai Bupati Koltim definitif. Andi Merya Nur sebelumnya menjabat sebagai wakil Bupati Koltim dan menggantikan almarhum Samsul Bahri Majid yang meninggal dunia usai berolahraga bersama pada Maret 2021 lalu.

Pelantikan Andi Meruya sebagai Bupati Koltim berdasarkan Keputusan Menteri dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 131.74-1220 Tahun 2021 Tanggal 2 Juni 2021 tentang Perubahan Ketiga atas Keputusan Menteri dalam Negeri Nomor 131.74-265 Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 di Kabupaten pada Provinsi Sulawesi Tenggara yang digelar di Aula Merah Putih, rumah jabatan Gubernur Sultra, dengan protokol kesehatan, Senin (14/6/21).

Gubernur dalam Sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada almarhum Bapak H. Samsul Bahri Majid, SH., M.Si. Seperti yang diketahui sebelumnya, Bupati Kolaka Timur tersebut, telah berpulang/kembali kepangkuan ilahi. Gubernur mengungkapkan meskipun kepemimpinan beliau sebagai Bupati Kolaka Timur terbilang sangat singkat, namun tentu telah banyak karya-karya beliau yang tidak bisa diabaikan semasa hidup hingga akhir hayatnya.

Gubernur juga mengucapkan selamat atas pelantikan Hj. Andi Merya, S.IP sebagai bupati wanita pertama di Sulawesi Tenggara. Gubernur meyakini bahwa masyarakat Sulawesi Tenggara, khususnya Kolaka Timur, akan merasa bangga dan bahagia menyambut pemimpin baru dengan mandat baru untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kolaka Timur.

“Bupati harus bekerja giat untuk memastikan setiap masyarakat di pelosok daerah dapat merasakan kehadiran pelayanan pemerintahan dalam kehidupan sehari-hari, serta adanya langkah kongkrit dan terobosan berdaya guna dalam pembangunan di seluruh wilayah Kolaka Timur,” ucap Ali Mazi

Selain itu, dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat di daerah harus mengedepankan prinsip-prinsip pengelolaan tata pemerintahan yang baik, antara lain harus profesional, transparan, akuntabel, berkeadilan, efisien, dan efektif serta bermartabat yang diaktualisasikan dalam sistem manajemen yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi yang mengacu pada tugas pokok dan fungsi dari masing-masing pemangku pelaksana penyelenggara pemerintahan daerah.

Di akhir sambutannya, Gubernur berharap agar Bupati Kolaka Timur dapat membangun kerja sama yang harmonis dan efektif serta bersinergi dengan jajaran birokrasi, forkopimda, swasta, stakeholder terkait, dan elemen masyarakat lainnya dalam rangka menggerakkan berbagai program dan kegiatan pembangunan yang akan dijalankan.

Red/Andi

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed