oleh

Tingkatkan Infrastruktur Desa, Pemdes Ulu Baula Membuat Sarpras Rabat Beton Dengan Sistem PKTD

Kolaka, BuletinNews.com – Dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur, Pemerintah Desa Baula membuat pekerjaan Sarpras jalan rabat beton dengan pola pekerjaan Padat Karya Tunai Desa ( PKTD),

Pekerjaan tersebut melibatkan sedikitnya 30 warga sekitar dengan upah, warga yang dilibatkan dalam pekerjaan tersebut yakni, warga yang belum memiliki pekerjaan tetap, penggangguran dan anggota keluarga kurang mampu.

Kepala Desa Baula, Husnaeni mengatakan, pekerjaan tersebut merupakan sisa anggaran BLT sebesar, Rp. 20.500.000,-. Olehnya itu untuk memanfaatkan anggaran tersebut pemerintah desa membangun fasilitas umum yakni jalan rabat beton dengan sistem Padat Karya Tunai Desa.

“Kami masih ada sisa anggaran diakhir tahun ini, olehnya itu untuk membangun desa, kami pemerintah desa membuat jalan rabat beton, nantinya jalan tersebut dapat dilalui oleh masyarakat desa dengan nyaman, aman, sehingga dapat meningkatkan putaran ekonomi di desa kamai,” katanya saat ditemui di lokasi pekerjaan, Senin (7/12/20).

Lanjut Husnaeni menjelaskan pekerjaan rabat beton tersebut memiliki panjang 25 Meter dan Lebar 4 meter dan dipantau langsung oleh TPK Desa Ulu Baula, untuk memastikan pekerjaan sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB).

Ia menambahkan bahwa hasil dari rekonsiliasi Penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2020 yang dilakukan oleh Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kab. Kolaka, Desa Ulu Baula dengan jumlah KPM 103 orang maka hanya mampu menyalurkan BLT DD smpai Tahap 7 ( Oktober.red) da nada sisa dana  Rp. 20.500.000,- inilah sisa Dana yang di gunakan untuk PKTD tersebut.

‘’Sisa dana dari penyaluran BLT DD kami gunakan untuk PKTD pekerjaan Rabat Beton di Dusun 2, karena jalan tersebut susah dilalui kendaran apabila habis hujan yang dilalui untuk mengangkut hasil bumi para petani, olehnya itu kami perioritaskan pada perbaikan jalan tersebut sepanjang 25 meter dengan lebar 4 meter sehingga bisa dilalui Roda 4, rencana aka nada penambahan panjang rabat tersebut yang bersumber dari Swadaya Masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu beberapa warga Desa Ulu Baula yang sempat di temui merasa sangat senang dan terbantu dengan adanya PKTD tersebut, pasalnya dapat menjadi tambahan penghasilan sampingan dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

“Kami sangat senang adanya pekerjaan ini, selain kami dapat menikmati jalannini menjadi aman, kami juga mendapat upah pekerjaan dari pemerintah desa. Sebagian besar masyarkat melewati jalur tersebut karena jalur itu merupakan akses menuju ke lokasi perkebunan masyarakat sebagai sumber penghidupan masyarakat desa Ulu Baula, semoga pekerjaan seperti ini akan selalu ada agar dapat mengurangi pengangguran yang ada di Desa,” tutur salah seorang warga.

Sumber : Yuson
Reporter : Andi Hendra

News Feed